Cara Agar Baterai Android Hemat


Cara Menghemat Baterai AndroidBagi para pengguna smartphone dan Tablet Android, kekuatan dan daya tahan baterai merupakan hal penting baik untuk melakukan komunikasi atau menikmati fasilitas hiburan dan game di perangkatnya. Keberadaan baterai yang cepat habis alias tidak tahan lama telah menjadi ‘kegalauan’ yang akut pada pengguna Android.

Berikut ini cara menghemat baterai pada perangkat Smartphone atau tablet Android.

Aktifkan mode Power Saving

Pada umumnya perangkat Android memiliki mode power saving. Dengan mengaktifkan power saving, ketika kekuatan baterai Android berkurang ke level yang rendah maka secara otomatis perangkat akan menyesuaikan aplikasi fitur ponsel yang sedang berjalan dengan mematikan atau menonaktifkan beberapa aplikasi tertentu.

Matikan Internet Secara Otomatis

Salah satu yang membuat daya tahan baterai Android menjadi cepat menyusut yaitu aktifnya jaringan data atau internet. Untuk menghemat baterai pada perangkat ini maka sebaiknya pada saat malam disaat Anda tidur, non-aktifkan atau matikan jaringan data.

Untuk menonaktifkan jaringan internet secara otomatis, pengguna perangkat Android dapat memanfaatkan aplikasi Automatelt dan Tasker yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Uninstall Aplikasi

Beberapa aplikasi Android biasanya berjalan pada background padahal Anda sudah lama tidak menggunakannya. Untuk menghemat baterai Android maka sebaiknya Anda uninstall saja aplikasi-aplikasi yang tidak pernah digunakan. Selain menghemat baterai, menghapus aplikasi yang tidak digunakan juga akan memperluas kapasitas memori.

Cara untuk menghapus atau uninstall aplikasi Android, berikut ini caranya : Pilih Settings > Apps dan klik ‘All’ tab untuk melihat semua daftar aplikasi yang dimiliki, pilih aplikasi yang akan dihapus.

Hibernate atau freeze aplikasi

Untuk hal ini, aplikasi Grenify yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin meng-hibernate aplikasi. Dengan Greenify Anda bisa melihat aplikasi tidak terpakai apa saja yang berjalan di background. Aplikasi ini secara otomatis akan mematikan sumber sistem sampai Anda memakainya lagi.

Atur kecerahan layar

Jangan setel otomatis pada pengaturan kecerahan layar pada perangkat Android Anda. Jika Anda menggunakan mode otomatis maka pengaturan cahaya akan berada pada level cerah layar tertinggi.

Untuk mengatur kecerahan cahaya sebaiknya disetel secara manual dan sesuaikan dengan tingkat kecerahan yang membuat mata Anda nyaman. Dan satu hal lagi, setel mode waktu habis layar seminimal mungkin, misal dalam waktu 5 detik setelah digunakan maka layar akan meredup atau gelap. Dengan menghemat waktu habis layar maka akan menghemat pula pemakaian energi baterai perangkat Android.

Matikan mode getar

Mode getar pada smartphone dan tablet merupakan salah satu penyebab berkurangnya daya tahan baterai. Jika tidak diperlukan, maka sebaiknya nonaktifkan saja mode tersebut.

Layanan Lokasi

Pergi ke Settings > Location dan Anda akan melihat layanan dan aplikasi mana yang melacak Anda. Ganti mode lokasi Anda ke baterry saving atau Anda bisa matikan layanan lokasi untuk menghemat baterai.

Demikianlah ulasan mengenai cara dan tips agar perangkat Android hemat baterai. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

 

Pos ini dipublikasikan di IPTEK, TIPS dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar