Agar Sehat Konsumsilah 7 Porsi Buah Sehari


Porsi Makan Buah dalam Sehari
Sedikit pemahaman di masyarakat bahwa buah merupakan makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari untuk mencukupi kebutuhan serat dan vitamin. Sebagian besar msyarakat justru beranggapan bahwa buah hanyalah sebagai selingan saja sehingga sifatnya tidak wajib untuk dikonsumsi setiap hari.

Makan buah tak hanya wajib dikonsumsi setiap hari, namun perlu diperhatikan pula porsi minimal buah yang harus dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan tubuh setiap hari.

Pada tahun 1989-2000, United States Departement of Agriculture (USDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 3 hingga 5 buah per hari untuk memenuhi kebutuhan serat. Namun seiring berjalannya waktu, situasi, dan kondisi alam sekitar, kebutuhan buah dalam satu hari semakin meningkat. Penelitian yang dilakukan oleh USDA menyebutkan, kebutuhan buah dalam tubuh manusia ini terus meningkat.

Faktor tanah yang kurang diolah dengan baik dan sistem tanam dengan satu jenis tanaman buah membuat tanah miskin unsur hara, dan akan mengurangi nilai nutrisi dari buah, sehingga tubuh membutuhkan asupan buah yang lebih banyak lagi.

Faktor lainnya yaitu gaya hidup yang kurang sehat, merokok, polusi, dan gizi yang kurang seimbang menjadi penyebab antioksidan dalam tubuh semakin meningkat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Berdasarkan hal tersebut  pada tahun 2002 sampai sekarang, USDA merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 7-8 buah per hari.

Dalam mengonsumsi buah-buahan, setidaknya konsumsilah sedikitnya 5 buah yang memiliki warna berbeda. Ketahuilah bahwa setiap warna dalam buah mengandung vitamin dan manfaat masing-masing untuk tubuh.

Buah yang berwarna merah, misalnya, mengandung zat likopen yang bisa menghambat kemunduran fisik dan mental agar tak mudah pikun, serta mampu mencegah kanker. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih. Buah yang berwarna jingga seperti mangga, melon jingga, dan pepaya, mengandung betakaroten yang menghambat penuaan sel tubuh. Buah berwarna hijau seperti anggur hijau, apel hijau, alpukat, melon, mengandung asam alegat yang mampu menghambat kanker, sedangkan buah yang berwarna kuning seperti pisang, jeruk, dan nanas mengandung kalium yang bermanfaat untuk memperkuat tulang, mencegah stroke, dan serangan jantung. Sedangkan buah yang berwarna putih seperti sirsak, manggis, lengkeng, dan leci mengandung vitamin C dan serat yang sangat tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan.

Mengingat banyaknya porsi buah yang harus dikonsumsi dalam sehari, Anda bisa mengonsumsinya dengan variasi dalam bentuk jus atau di blender sebagai minuman. Jangan pula mengonsumsi 7-8 porsi buah sehari dalam satu waktu, hal ini untuk menghindari perut anda menjadi kekenyangan karena buah. Anda bisa mensiasatinya dengan menjadikannya makanan ringan disela-sela waktu anda seharian.

Demikianlah ulasan mengenai Agar Sehat Konsumsilah 7 Porsi Buah Sehari dari sekedarcatatan.net Semoga bermanfaat.@

Baca Juga :

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan, SERIUS, TIPS dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar