Inilah Bahaya Botol Plastik Bagi Kesehatan


Bahaya Botol Plastik Untuk kesehatanMenyimpan air minum didalam botol plastik merupakan hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Cara ini selain mudah dan praktis juga dianggap paling murah. Namun banyak orang belum mengetahui jenis botol plastik yang sesuai dengan standar kesehatan. Botol plastik yang tidak terstandarisasi secara kesehatan dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan.

Untuk diketahuui bahwa plastik merupakan materi sintetis yang dibuat dengan berbagai zat. Meski plastik yang disebut plastik PET aman digunakan, namun plastik ini hanya boleh digunakan sekali. Plastik jenis ini jika digunakan dalam jangka panjang atau berulang-ulang akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Penggunaan atau pemakaian plastik PET secara berulang kali akan membuat plastik mengeluarkan zat yang disebut BPA pada air yang ada di dalamnya.

Berikut ini beberapa dampak negatif penggunaan botol plastik bagi kesehatan :

– menimbulkan masalah perilaku pada anak
– dapat menurunkan tingkat kekebalan tubuh
– memicu puber lebih dini pada anak perempuan
– memberikan dampak kurang baik pada kesuburan
– diabetes
– menurunkan jumlah sperma
– obesitas atau kegemukan
– dapat memicu kanker payudara dan prostat.

Botol plastik juga mengandung zat kimia yang bernama phthalates. Zat ini membantu plastik menjadi fleksibel. Namun di sisi lain juga berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan seperti kanker lever, menurunkan jumlah sperma, dan memicu masalah reproduksi lainnya.

Tak hanya berbahaya untuk kesehatan, zat dalam botol plastik juga bisa merusak lingkungan. Tergantung dari jenis yang digunakan, botol plastik memerlukan waktu yang sangat lama untuk bisa diuraikan. Plastik membutuhkan sekitar 450 sampai 1.000 tahun untuk bisa diurai oleh tanah, sementara itu penggunaan botol plastik dan penumpukan sampah plastik di dunia bisa mencapai 50 juta botol. Cepat atau lambat bumi akan segera dipenuhi oleh sampah botol plastik yang tak bisa diurai.

Selain itu botol plastik yang bisa menampung satu liter air membutuhkan tiga liter air untuk membuatnya. Air yang digunakan untuk membuat botol tak bisa digunakan lagi. Sehingga ini juga membuang-buang air yang tersedia di dunia.

Beberapa hal di atas sebaiknya dipertimbangkan oleh banyak orang sebelum menggunakan botol plastik minuman dengan enteng. Ada baiknya mengurangi penggunaan botol plastik dan lebih sering menggunakan gelas.

BACA JUGA :

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar