Manfaat Kulit Pisang Untuk Anda


Manfaat Kulit Pisang
Anda pasti tahu buah pisang kan? Ya, pisang biasanya menjadi salah satu buah yang sering dijadikan ‘sasaran’ untuk cuci mulut setelah makan. Setelah selesai mengonsumsi pisang, biasanya kita membuang kulit pisang begitu saja.

Namun tahukah anda bahwa kulit pisang memiliki manfaat yang berguna baik untuk kesehatan tubuh dan manfaat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat kulit pisang yang perlu anda ketahui :

Pupuk Untuk Tomat

Kulit pisang berguna untuk membuat pupuk. Kulit pisang memiliki nutrisi yang cukup baik untuk pertumbuhan tanaman tomat. Cara membuat kulit pisang sebagai pupuk yaitu dengan cara memotong kulit pisang dan letakkanlah potongan kulit pisang tadi pada tanah di sekitar tanaman tomat.

Mengatasi Gigitan Serangga

Apabila anda terkena gigitan serangga atau nyamuk, kulit pisang dapat anda jadikan obat alami untuk meredakan luka akibat gigitan serangga. Bagaimana caranya? Cukup menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada luka bekas gigitan serangga. Kulit pisang ini berkhasiat meredakan rasa gatal dan mempercepat proses penyembuhan.

Melunakkan Daging

Salah satu rahasia membuat daging menjadi empuk yaitu dapat memanfaatkan kulit pisang dalam merebus daging. Merebus daging bersamaan dengan kulit pisang dapat membantu membuat daging menjadi lunak.

Jus Kulit Pisang

Tak hanya buah pisang yang dapat dikonsumsi. Kulit pisang juga dapat dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai minuman. Caranya yaitu rebuslah kulit pisang selama 10 menit, lalu jus bersama dengan buah lainnya.

Semir Sepatu

Tak perlu repot membeli alat semir sepatu, cukup dengan kulit pisang ternyata dapat mengembalikan kesan mengkilap yang terdapat di sepatu kulit. Cukup campurkan kulit pisang dengan sedikit air, lalu usapkan ke sepatu.

Demikianlah tulisan mengenai manfaat kulit pisang. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekedarcatatan.net

Baca Juga :

Pos ini dipublikasikan di TIPS dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar