Cara Agar Perut Tahan Lapar


Cara Tahan Lapar

Anda sering merasakan perut lapar? Tapi bukan karena kelaparan lho ya. Jika sering mengalami perut lapar sebenarnya ada cara atau tips untuk membuat perut tak mudah merasa lapar. Berikut ini caranya :

Rutin Berolahraga
Kebanyakan orang, akan mengonsumsi makanan jauh lebih banyak setelah melakukan aktivitas olahraga. Padahal ia baru saja membakar kalori tubuhnya melalui olahraga. Wajar saja karena mereka merasakan lapar. Namun olahraga yang dimaksudkan untuk membakar kalori tersebut menjadi sia-sia bukan?

Nah untuk membakar kalori dengan cara yang asyik dan tidak membuat perut lapar yaitu dengan cara berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan hobi anda. Tentunya akan lebih menyenangkan bukan?Seperti misalnya berenang, bersepeda, menari, jalan kaki, dan lainnya.

Tidur yang Cukup
Biasakanlah untuk tidur yang cukup dan berkualitas. Ketahuilah, berdasarkan penelitian bahwa kurang tidur dapat membuat makan lebih banyak, utamanya karbohidrat dan lemak.

Dengan demikian, bagi anda yang masih sering begadang dan kurang cukup tidur, maka mulailah untuk memprioritaskan tidur mulai saat ini.

Banyak Minum Air Putih
Salah satu cara untuk menekan nafsu makan yaitu dengan banyak minum air putih minimal 7 gelas/hari. Minum segelas air putih sebelum makan juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat perut menjadi terasa lebih kenyang sehingga asupan makanan menjadi berkurang.

Makan Sesuai Waktu
Tubuh kita menyukai konsistensi, termasuk makan secara tepat waktu. Cobalah sarapan paling tidak satu jam setelah bangun tidur dan ambil jeda 3-4 jam sebelum makan siang. Makan sesuai waktu makan akan mengurangi keinginan untuk ngemil. Selain itu, perhatikan pula jenis makanan. Selalu konsumsi protein tanpa lemak, lemak nabati (seperti alpukat), dan sedikit porsi pati sehat. Pola makan ini akan membuat tubuh selalu berenergi.

Mengontrol Stres
Salah satu penyebab munculnya rasa lapar yaitu ketika mengalami stres. Ketahuilah, saat seseorang sedang mengalami stres, maka hormon tertentu jumlahnya akan meningkat dan efeknya akan mencari sesuatu yang membuatnya nyaman.

Sesuatu yang membuatnya nyaman yaitu makanan. Makanan seperti apa? Makanan yang mengandung lemak atau gula biasanya adalah sesuatu yang bisa menimbulkan rasa nyaman.

Jika tidak mampu mengendalikan stres, maka perut akan terasa lapar. Dan ini akan berlangsung berulang-ulang selama tidak mempu mengendalikan stres.

Demikianlah tulisan mengenai tips tahan lapar. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekedarcatatan.net

Baca Juga :

Pos ini dipublikasikan di TIPS dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar