Tips Agar Kulkas Hemat Listrik


Cara Supaya Lemari Es Hemat EnergiBerbagai produk elektronik banyak menghiasi isi rumah. Seperti TV, AC, kipas angin diruang keluarga, di dapur ada Rice Cooker dan kuklas alias lemari es, dan masih banyak lainnya. Penggunaan barang elektronik tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap pemakaian energi listrik. Meningkatnya pemakaian energi listrik di rumah tangga berimbas pada meningkatnya jumlah pembayaran listrik. Kali ini sekedarcatatan.net akan mengulas cara membuat lemari es atau kulkas menjadi hemat energi.

Hemat energi setidaknya mesti menjadi gaya hidup di masyarakat. Selain menghemat pengeluaran biaya, dengan gaya hidup hemat energi berarti turut menjaga dan menyelamatkan bumi. Nah, berikut ini tips membuat lemari es atau kulkas hemat energi :

Pertama, lokasi atau peletakan. Dalam menyimpan atau meletakkan kulkas tidak terkena sinar matahari. Jauhkan barang-barang disekitar/didekat kulkas yang menghasilkan panas, seperti kompor, microwave, Rice Cooker, dll. Jangan meletakkan kulkas terlalu dekat ke dinding, minimal jarak antara kulkas dan dinding adalah 15 cm. Dengan adanya jarak antara kulkas dan dinding maka akan memudahkan keluarnya udara panas dari kulkas.

Kedua, tentang membuka pintu kulkas. Ketahuilah bahwa saat membuka pintu kulkas maka akan terjadi lonjakan daya listrik. Jadi, upayakan agar tidak terlalu lama saat membuka kulkas.

Ketiga, suhu ruangan kulkas. Idealnya suhu ruangan kulkas antara 2-4 derajat celcius, sementara untuk freezer berada pada suhu -15 derajat celcius. Semakin dingin temperatur ruangan kulkas akan membuat kompresor bekerja lebih lama sehingga berdampak pada meningkatnya konsumsi energi listrik.

Keempat, soal suhu makanan. Agar kulkas hemat energi, jangan masukan makanan panas ke dalam kulkas. Makanan panas yang disimpan didalam kulkas akan menaikkan suhu didalam ruangan kulkas dan berakibat kulkas akan bekerja lebih berat lagi untuk mengembalikan suhu ke posisi semula/ideal.

Kelima, kapasitas muat. Jangan terlalu banyak menyimpan makanan didalam kulkas, hal ini akan mengganggu jalur aliran udara dingin yang selanjutnya akan menyebabkan terganggunya sirkulasi udara dialam ruangan kulkas. Simpanlah makanan didalam kulkas sesuai dengan kapasitas muatannya, ingat jangan berlebihan. Kulkas yang berisi makanan secara berlebihan akan berdampak pada meningkatnya penggunaan energi listrik. Tak hanya kulkas berisi muatan berlebih yang dapat memboroskan energi listrik, kulkas dalam keadaan kosong juga menjadi penyebab meningkatnya pemakaian listrik. Jadi gunakanlah kuklas secara bijak yaitu tidak memuatnya secara berlebihan dan tidak membiarkannya dalam keadaan kosong.

Keenam, penataan. Agar memudahkan anda mengambil sesuatu dari dalam kulkas maka susunlah isi penyimpanan lemari es sebaik mungkin. Dengan susunan yang rapi dan mudah untuk mengambil makanan, maka anda tidak perlu berlama-lama untuk membuka pintu kulkas.

Demikianlah tulisan mengenai tips dan cara membuat kulkas hemat energi. Semoga bermanfaat.@

Pos ini dipublikasikan di TIPS dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tips Agar Kulkas Hemat Listrik

  1. Bams berkata:

    Thanks banget, tipsnya sangat bermanfaat
    lumayan bisa ngirit biaya listrik 😀

Tinggalkan komentar