Membaca Kode Huruf dan Angka Pada Ban Mobil


Mungkin selama ini sebagian besar masyarakat belum mengetahui arti kode huruf dan angka yang tercetak pada ban mobil. Walaupun berbagai ban mobil tersebut diproduksi oleh bermacam merek, namun setiap bannya memiliki kode tertentu.

Kode huruf dan angka yang tertera pada ban mobil tersebut sesungguhnya berisi tentang informasi dan kondisi ban. Pada kode tersebut berisi informasi mengenai ukuran sampai kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk ban. Sebagai contoh, sebuah ban dengan kode seperti berikut ini :

185/70 R14 82 H


Kode tersebut diatas dapat diartikan bahwa angka 185 merupakan angka yang menunjukkan Nominal Section With atau bisa juga disebut lebar penampang ban. Sementara itu, angka 70 menunjukkan aspek ratio atau tinggi dinding samping ban.

Huruf R menerangkan konstruksi ban tersebut berjenis Radial. Angka 14 menunjukkan Rim atau diameter pelek. Selanjutnya, angka 82 menginformasikan tentang Load index/kemampuan ban tersebut menahan beban (kg). Dan yang terakhir yaitu huruf H menjelaskan bahwa ban tersebut dapat digunakan dengan batas kecepatan yang diperkenankan saat melintas. Huruf H ini menunjukkan ban ini mampu dan layak dipakai hingga kecepatan 210 km/jam.

Bagi anda yang sering kali terburu-buru dalam mengemudi kendaraan roda empat, ada baiknya anda harus segera melepas pedal gas sebelum mengetahui kemampuan ban mobil yang anda kemudikan. Anda harus tahu, bahwa ban mobil memiliki batas kecepatan yang berbeda-beda.

Baiklah, mari kita baca satu contoh kode ban mobil berikut ini : Baca selanjutnya, klik dibawah pada angka/halaman 2

Pos ini dipublikasikan di TIPS dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membaca Kode Huruf dan Angka Pada Ban Mobil

  1. potretbikers berkata:

    menyimak 🙂

Tinggalkan komentar